Thursday 21 November 2013

MURAI BATU PASAMAN




Murai Batu Pasaman bisa dibilang sebagai duta yang menjadi kebanggaan para kicau mania Sumatra Barat. Kata Pasaman berasal dari Gunung Pasaman. Kata Pasaman yang diambil dari bahasa Minangkabau yang berarti persamaan. Hal ini merujuk kepada masyarakat yang didominasi oleh para pendatang yang tinggal di wilayah ini. Pasaman terdiri dari dua Kabupaten :
Pasaman Barat dengan Ibukota Simpang Empat. Sumber mb yg dianggap bagus adalah Padang Tujuh, Ujung Gading dan Muaro Kiawai yang berbatasan dengan Mandailing Natal - Sumatera Utara ).


Pasaman Timur dgn Ibukota Lubuk Sikaping. Sumber MB yg dianggap bagus disini adalah habitat Panti, Kumpulan, Lubuk Sikaping, Bonjol dan RaoSecara umum wilayah Pasaman beriklim tropis basah dengan curah hujan yang tinggi. Secara geografis pada umumnya didominasi oleh dataran tinggi mulai 50 - 2900 m dpl. Terdiri dari daerah rawa, dataran rendah perbukitan bergelombang sampai perbukitan terjal yang dipuncaki oleh kerucut gunung Tamalau. Terdapat juga daerah lembah patahan (graben) seperti dataran Lubuk Sikaping, Talu, Rao Cubadak dan Simpang dingin. Topografi yang mirip dan sejalur dengan kabupaten Mandailing Natal, Kabupaten Tapanuli Selatan dan Kabupaten Tapanuli Tengah. Karena itu bisa dibilang habitat Murai Batu Pasaman mirip atau bahkan sama dengan Murai Batu Mandailing Natal (Madina) sehingga ciri dan variasi fisiknyanya pun mirip dengan MB Medan.

Suasana alam Bukik Tujuh - 25 km dari Rao Pasaman Timur (koleksi foto Andri MBI)

Kalaupun mau mencari pembeda, yaitu sekilas terlihat pada ekor, ekor MB Madina cenderung panjang dan agak luwes sementara ekor MB Pasaman sedikit lebih pendek dan cendrung kaku. Ciri lain MB Pasaman bertubuh kebiruan mengkilat (indigo) sementara MB Madina cendrung supak dalam bahasa melayu (lbh terlihat kusam) dan doft. Tetap saja ini tidak bisa dijadikan sebagai patokan utama untuk memastikan asal muasal habitat si MB.


MB Pasaman Barat bernama THOR saat ini ditangkarkan di Limus Pratama. Salah satu MB dengan karakter volume suara yang dahsyat menghentak.

Menurut kenangan seorang pelomba lawas, dahulu mereka membedakan MB Pasaman barat yang berpostur seperti MB Madina dengan gaya tarungnya yang nagen ngeply dan volume keras tipe O (tebal)dan isian yang cendrung sedikit yang dibongkar pendek-pendek dengan sedikit variasi tapi dibawakan dengan cara berulang-ulang tapi sangat pandai memainkan intonasi tinggi rendahnya lagu. Sedangkan MB Pasaman Timur berpostur lebih kecil daripada MB Pasaman Barat tapi berkarakter agresif menari-nari kanan kiri di tangkringan atas, karakter suara tipe i (melengking) yang stabil intonasinya dan luwes dalam berganti-ganti isian yang beraneka ragam (cerdas).

Bagi pemain MB di pulau Sumatra bisa dibilang pamor MB Pasaman sangat mulia selayaknya pamor "MB Medan" bagi pemain MB di pulau Jawa. Disenangi pelomba karena gaya tarung MB Pasaman cendrung nagen berdiri tegak sambil ngeplay sesuai selera juri masa kini. Sekarang ini di Sumut, Sumbar, Riau, Jambi dan Sumsel, orang lebih suka melabeli  mb yg akan dijual dgn sebutan MB Pasaman. Biar cepat laku mungkin. Padahal tidak semua MB Pasaman bagus. Daerah lain di Sumatra Barat juga memiliki habitat MB yang bagus dan sudah terbukti moncer di gantangan Lomba tidak kalah dengan MB Pasaman, tapi memang tidak bisa dipungkiri bahwa prinsip "Legend Never Fade Away" tetap berlaku. Beberapa nama MB asal Sumatra Barat yang menjadi bintang lomba diantaranya Kusut & Panglima dan Mr.Pasaman milik Yongka, Golden Boy milik Arco BF , Hercules - milik Angkasa biru BC dan Tontong (Pasaman), Sania (Sangir), Kiamat (Tiku - Pariaman), Sapu Jagad (S.Kesiak - Pariaman), Peot (Hutan Kasang - Pariaman), Kalaray (Hutan Batu Busuk - Padang).

MB Pasaman asal Rao yg bernama TUANKU RAO koleksi Padepokan Bala6 Jakarta


Tuanku Rao mempunyai postur sedang yang langsing panjang, dengan ekor medium 17/18 cm tetapi keras dan tegang. Ekor putihnya terlihat berfungsi sempurna sebagai penyangga dengan proporsi agak panjang dan kaku, pola belahan putih hitam yang rapi khas MB Medan. Kepalanya agak besar, kepala bagian atasnya mendatar sejajar sisi paruh bagian atas dan tidak bulat, paruh agak panjang dengan tarikan bibir kearah bawah, matanya bulat besar bersorot tajam mengancam. Bulu tarung tebal berdiri menantang dipangkal paruh.  Keunggulan MB ini adalah mampu mengeluarkan isian yang dominan ngeroll dengan sangat kenceng dan rapat, daya rekam isian sangat baik dan saat dibongkar hampir menyerupai aslinya. Kata pemiliknya terdahulu MB ini didapat dari trotol hutan sekitar Rao -Pasaman Timur. Sudah sering koncer diusia muda di Sumatra MB ini ketika dibawa ke Jakarta langsung menjadi kampiun disebuah lomba 3 hari sejak kedatangannya. Saat ini menjadi pejantan di Padepokan Balak khusus untuk Galur Murni Trah Jawara MB Pasaman.


Menemukan MB Pasaman saat ini bisa dikatakan sangat sulit. Bahkan bagi masyarakat Sumatra Barat termasuk Kicau Mania di Pasaman sendiri juga sudah susah mendapatkan MB Pasaman yang asli. Team Padepokan Bala6 harus menelusuri kampung-kampung di Kabupaten Pasaman Barat dan Kabupaten Pasaman Timur untuk dapat membawa pulang beberapa MB Jantan dan Betina asli pikatan hutan yang sudah dipelihara oleh penduduk. Beberapa malah sudah ada yang sudah sangat berumur dan sudah kenyang digantang di arena lomba. Tapi kebanyakan hanya menjadi koleksi kesayangan juragannya. Meskipun demikian proses seleksi tetap dijalankan berdasarkan katurangga, volume dan karakter yang menjadi kriteria Indukan Ring Digdaya. 

    MB Pasaman bernama PASTIM

Kami hanya mau yang terbaik yang nantinya akan menjadi basic blood penangkaran. Saat ini beberapa jantan MB Pasaman sudah ada ditangan untuk dimainkan diarena lomba kicau atau untuk langsung menjadi Indukan. 

Semoga bisa mewujudkan obsesi untuk menangkar galur murni habitat MB Pasaman Barat & Pasaman Timur. Mumpung Tuhan YME mudahkan PB6 untuk mendapatkan MB Pasaman yang orisinil. 
Untuk indukan Murai Batu Pasaman betina, kami dapatkan dari asal muda hutan Pasaman dan MB Ring trah Jawara asal MB Pasaman seperti Trah Golden Boy milik ARCO BF - Serang dan anakan dari Tuanku Rao yang sudah mulai aktif berproduksi dengan pasangannya yang juga MB Trah Pasaman alumni dari ARCO BF.

Ada beberapa Murai Batu Pasaman yang sedang naik daun di Sumatera, salah satunya yang paling terang adalah MB Pasaman bernama CR7 yang saat ini merajai gantangan di Jambi dan sekitarnya. Seperti sudah kita ketahui, Jambi cukup diperhitungkan di kancah lomba kicau Nasional karena banyak burung berkualitas yang langganan kampiun lomba Nasional berawal seperti si Kusut, Happy Birthday, Panglima, Asoka, Mahadewa, Tanaka, Bintang, Baron dan banyak nama lagi.  
 

24 comments:

  1. kalau pasaman saya ada yang ternakan pasaman - bahorok ( ring yoso ) dan beruntung dapat trotol jantan dari pasaman - rimbo panti ds kaumang ...

    ReplyDelete
  2. Waahh materi Padepokan Bala6 makin komplitt.
    Tapi kalau menurut saya, nama "PADEPOKAN BALA6" sudah kurang pass... karena yg dilestarikan ternyata dari berbagai jenis Murai. mungkin lebih tepat diganti menjadi "PADEPOKAN MURAI"...

    hanya sekedar angan-angan dari kawula alitt..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih om.. tapi tetap favorit saya yang MB Bala6 om :-)

      Delete
    2. maaf om, klo boleh tau knp om lebih "mengidolai" mb bala6? :D

      Delete
    3. Suka aja om... Susah dijelaskan. Mungkin yg balak lbh kharismatik & unik saja ya

      Delete
  3. Mantap semuany om.ntr sore saya mmpir kemarkas digdaya yah om

    ReplyDelete
  4. Lbh panjang ekornya ya om dengan gaya nagen tenang

    ReplyDelete
  5. Lbh panjang ekornya ya om dengan gaya nagen tenang

    ReplyDelete
  6. Kalau murai batu Pasaman ada yang bertubuh kecil gak Om...?,

    ReplyDelete
  7. Maaf om mau tanya kalo murai pasaman pola ekornya ada strip hitamnya atau tidak?

    ReplyDelete
  8. Maaf om mau tanya kalo murai pasaman pola ekornya ada strip hitamnya atau tidak?

    ReplyDelete
  9. Wuih.. Sebagai pemain baru..aku termausk beruntung bisa dapat pasaman dng harga miring..

    Semua ciri burung ku sesuai dng yg di tuliskan di sini..

    Dan kayak nya punya ku ini pasaman timur..
    Cerdas... Dan bongkar isian nya sangat bervariasi..

    ReplyDelete
  10. Saya punya asli pasaman. Dapat dr tukang pikat langsung. Skrng lg dokor ngurak kedua. Pertama kali gantang pas ngurak pertama. Alhamdulillah hanya moncer nomer 2. Gaya main nagen ngeplay roll tembak. Skrng burung itu istirahat total dr kemenangan pertamanya sampai skrng. Mempersiapkan kematangan umurnya. Salam kicau mania pekanbaru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap Mas sudah mau sabar, tinggal dirawat yang baik. InsyaAllah sesuatu nanti

      Delete
  11. ijin nanya suhu bala6. ciri khusus MB Pasaman apa ya... ditawari temen tapi blum yakin... jadi nanya sama suhunya bala6..

    ReplyDelete
  12. mohon info dung om.. untuk bisa lihat pola ekor pasaman seperti apa? Mohon pencerahannya. tks

    ReplyDelete
  13. kayaknya sama seperti medan om

    ReplyDelete
  14. karna saya juga punya pasaman bawa dari pasaman,langsung dr saudara yg kebetulan pemikat.dada agak kuning kunyit, ekor seperti pedang. betul kata suhu bala6. pasama timur lebih atraktif,dan profokatif hahaha

    ReplyDelete
  15. Saya punya burung murai batu dengan ciri2 seperti yg dikatakan diatas.tp posisi bulu kepala rusak,ada sebagian bulu yg tak tumbuh.mohon pencerahanya/solusi,semua para master disini.semoga yg kasih jawaban rejekinya makin lancar.amien

    ReplyDelete
  16. Assalamualikum.wr.wb..
    pembicaraan yg sangat berbobot.

    om boleh tnya, di mna ya klo kita bisa beli MB Pasaman langsunk dri pemikat. Insya Allah thun ini kalau umur panjang kami ada rencna pulang kampung ke pariaman, sekalian singgah ke pasaman.

    mohon infonya om kalau ada nomer pemikat MB pasaman,

    trims
    Wassalam..

    ReplyDelete
  17. https://balakdigdaya.blogspot.com/2013/07/padepokan-bala6.html?showComment=1574128348388#c7866290958874071605

    ReplyDelete