Friday, 19 July 2013

MURAI BATU NIAS

Murai Batu ekor hitam/Blacktail atau sering disebut sebagai MB BT identik sebagai Murai Batu endmik kepulauan. Bisa ditemukan di Pulau Sabang, Pulau Breuh, Pulau Simeuleu, Pulau Lasia, Pulau Babi, Pulau Nias, kepulauan Pagai/Mentawai, Pulau Enggano dan beberapa pulau kecil lain sekitar Pulau Sumatra bagian Lautan India.
Pulau Nias sendiri merupakan pulau yang cukup besar dengan kondisi geografis yang lengkap dari pesisir/rawa, dataran rendah dan pegunungan dengan hutan-hutan tropis yang lebat.Kondisi alam daratan Pulau Nias sebagian besar berbukit-bukit dan terjal serta pegunungan dengan tinggi di atas laut bervariasi  antara 0-800 m, yang terdiri dari dataran rendah hingga bergelombang sebanyak 24% dari tanah bergelombang hingga berbukit-bukit 28,8% dan dari berbukit hingga pegunungan 51,2% dari seluruh luas daratan. Akibat kondisi alam yang demikian mengakibatkan adanya 102 sungai-sungai kecil, sedang, atau besar ditemui hampir diseluruh kecamatan. Topografi yang sangat disukai oleh murai batu untuk berkembang biak.

Gambar diatas adalah MB betina BT asli Nias bernama si Macho. Saat ini ditangkarkan dengan trotolan kode ring DIGDAYA PRO 

Pulau Nias beriklim tropis dengan curah hujan yang cukup tinggi yaitu mencapai 2.927,6 mm pertahun sedangkan jumlah hari hujan setahun 200-250 hari atau 86 %. Kelembaban udara rata-rata setiap tahun antara 90 %, dengan suhu udara berkisar antara 17,0ºC – 32,60ºC. Keadaan iklim Pulau Nias di pengaruhi oleh Samudra Hindia. Suhu udara dalam satu tahun rata-rata 26°C dan rata-rata maksimum 31°C. Kecepatan rata-rata dalam satu tahun 14 knot/jam dan bisa mencapai rata-rata maksimum sebesar 16 knot/jam dengan arah angin terbanyak berasal dari arah utara. Iklim ini mungkin yang menyebabkan makanan alami yang melimpah yaitu serangga. Hal ini yang mungkin menyebabkan MB BT asal Nias biasanya berpostur besar mendekati ukuran MB ekor  putih Sumatra pada umumnya.

Gambar diatas adalah MB BT asli Nias berbody bongsor asal daerah Gunung Sitoli bernama Voldemort atau biasa di panggil Voldie. MB Prestasi Latberan Lokal yang saat ini masih menjadi jantan indukan di Padepokan Bala6 - Jakarta dengan kode ring DIGDAYA VOL.

Kelebihan MB Nias dari MB BT yang lain adalah pada volumenya yang tembus (hampir merata) dan postur tubuh yang besar memanjang.
Gambar diatas adalah MB BT asli Nias berbody bongsor asal daerah Teluk Dalam bernama Provokator atau biasa di panggil Provo. MB dengan isian cililin yang provokatif dan dikeluarkan secara aktif sesuai namanya.Provo saat ini masih menjadi jantan indukan di Padepokan Bala6 - Jakarta dengan kode ring DIGDAYA PRO

Gaya mainnya rata-rata atraktif dengan memainkan ekornya naik turun dan terkadang-kadang seperti menari-nari ditangkringannya. tapi yang Jelas BT Nias selalu menyemprotkan isiannya langsung berhadapan dengan musuhnya.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment