Friday 26 July 2013

MURAI BATU THAILAND

Sebagaimana saudaranya di Sumatra - Indonesia, Murai Batu Thailand banyak ditemukan di hutan hujan dengan sebaran yang luas. Mulai dari pesisir berawa sampai dataran tinggi 1,500 m dpl.
Mulai dari Thailand Selatan yang berbatasan dengan Malaysia sampai dengan Thailand Utara yang berbatasan dengan Laos, Kamboja dan Myanmar. Ini karena masih banyak Taman Nasional di Thailand yang menjadi pusat konservasi MB. Murai Thai Selatan biasanya berciri posture yang besar dengan bilah ekor yang tebal kaku dan lebar dengan volume yang berkarakter ngerol ngebass. Sedangkan Murai Thai Utara berbodi lebih kecil dengan ekor tipis menjuntai yang indah saat ngeplai dan punya karakter suara yang cendrung nembak nyelekit.

Berikut ini adalah Murai batu asal Thailand Selatan yang di koleksi oleh Padepokan Balak. Bercirikan postur yang relatif lebih besar dibanding dengan MB Sumatra pada umumnya. Ciri lainnya adalah bulu yang kebiruan saat tertimpa sinar matahari. Merata dari kepala sampai ke ujung ekornya. Ekor terlihat lebih berisi (tebal) dibanding dengan MB jenis lainnya. 

Gambar diatas adalah gambar yang diambil dari kandang Tangkaran Padepokan Balak. Yaitu sepasang Murai Batu Thailand; jantan bernama Sukhothai dengan ekor sedang 18cm dan bekarakter sangat fighter dan bervolume sangat keras. Betina adalah Betina ring Vegasus yang merupakan anakan hasil perkawinan pejantan Sumatera bernama PUSAKA dengan betina asli Thailand bernama XENA. Kode ring trotol : DIGDAYA - THAI

No comments:

Post a Comment