Tuesday 20 August 2013

MURAI BATU MALAYSIA

Yang dimaksud dengan Murai Batu Malaysia adalah murai batu ekor putih asal Semenanjung Malaya yang terbentang dari Johor sampai perbatasan dengan Thailand. Ini agar tidak tertukar dengan MB Borneo yang juga bisa ditemukan di wilayah Malaysia yang ada di pulau Kalimantan yang tentunya juga mbalon/gembung ketika sedang on fire. Ciri mendasar dari MB Semenanjung Malaya ini adalah pada posturnya yang rata-rata kecil - sedang seperti MB Lampung, ekor lemas dan kaki putih. 


MB Malaysia dari Negeri Sembilan terkenal sangat fighter dengan tendensi untuk membunuh sesama pejantan, rata-rata berekor pendek tidak lebih dari 21 cm, kemudian dari daerah lain yang juga bagus fighternya adalah dari Pahang, Kelantan dan Selangor. Sedangkan MB Malaysia dengan ekor panjang bisa lebih dari 23 cm dan dengan body yang atletis banyak ditemukan dari daerah Kedah dan Perak walaupun mentalnya rata-rata tidak se fighter MB dari Negeri Sembilan, cocok untuk koleksi rumahan atau breeder spesialis ekor panjang.


Jadi, tidak semua MB Malaysia berekor panjang menjuntai sampai 20 cm++, Memang sebagaimana layaknya yang terjadi dengan MB Sumatra, MB Malaysia dibeberapa habitat ditemukan dengan panjang ekor bisa mencapai 30cm atau lebih rata-rata berasal dari Pulau Langkawi dan beberapa daerah lain seperti Bukit Gerik dan Bukit Baling.  Untuk saat ini sudah sangat jarang yang beredar dipasar bebas. Karena susah kluar dari suaka alamnya. Sebenarnya MB Malaysia ekor pendek dan sedang (15-20cm) jauh lebih mendominasi populasi MB disana. 

Padepokan Bala6 juga mengkoleksi MB Malaysia ekor pendek (18cm). Semata untuk membuktikan mitos bahwa MB Malaysia karakter fighternya jauh dibawah MB Medan atau MB Lampung. MB diatas adalah MB Malaysia yang kami beri nama Assasin. Sangat fighter, karena sudah pernah membunuh MB jantan lain yang lebih besar dan lebih mapan. Ditangkarkan dengan kode ring trotolan : DIGDAYA MM

8 comments:

  1. saya ingin menambahkan keterangan diatas yg sdh betul..mmg MB malaysia mempunyai ciri yg agak berbeda baik dr body atau dari segi fighter bahkan dari segi kicaunya....murai batu assasin adalah dari daerah NEGERI SEMBILAN melihat dari watak kejamnya...sbb hanya dari negri itulah banyak MB yg punya watak melebihi batas sampai hari ini saya sdh 11 (sebelas kali )punya MB yg membunuh sesama MB jantan ketika sata tdk cukup sangkar utk menyimpannya,,sedang yg lain yg sejenis sdg MB negri sembilan adalah dari negri PAHANG,JOHOR,SELANGOR,DAN KELANTAN,MB dari daerah ini jg punya fighter yg bagus tetapi tdk sebagus mental dr NEGRI SEMBILAN,,,sedangkan yg biasa ada ekor panjang ialah dari negri PERAK & kedah yaitu dr pulau langkawi,,,disitulah sampai hari ini jadi buah bibir kicau mania bahwa ekorMB malaysia itu panjang,,,tetapi menurut saya sifat dan mental fighter MB dr daerah ekorpanjang dari 2o tahun yg lalu sampai sekarang belum ada yg bisa mengalahkan ekor sedang atau pendek ( sesama MB malaysia )murai ekor pendek/sedang dr malaysia kebanyakan suaranya rapat tdk banyak jeda nya,sedangkan EP bisanya sekadar rajin bunyi saja...dan juga dr pengalaman saya memikat,belum pernah saya jumpa jawara hutan yg berekor panjang,saya selalu jumpa atau teman2 saya jg jumpa semua dibawah 20 cm..tp itu bukan patokan sbb banyak pemikat lain yg punya pengalaman masing2...jadi selama ini mgkn teman2 herang kenapa saya lebih suka MB ekor pendek/sedang,,,,

    ReplyDelete
  2. Ciri khusus yg membedakan murai malaysia dengan medan apa ya. Mohon para master murai corat-coretnya

    ReplyDelete
  3. Dimana sy bisa membeli murai malaysia yg ekor panjang dan berapa hrgnya ??



    ReplyDelete
  4. Ready mb import malaysia
    0818-0880-3939 WA
    Location Jakarta Timur

    ReplyDelete
  5. Di mana saya bisa beli burung murai batu balak 6 semeulu

    ReplyDelete
  6. Mohon pencerahan nya kalau yang dari serawak malaysia itu gimana om

    ReplyDelete
  7. Mohon keterangannya soal pola ekor dan gembung apa non gembung murai batubyg berasal dari negeri sembilan itu bos

    ReplyDelete