Thursday 1 August 2013

MURAI BATU LAMPUNG

Dimasa lalu sekali didunia lomba kicau cuma dikenal 2 Jenis Murai Batu yang fenomenal dilapangan yaitu Murai Batu Medan dan Murai Batu Lampung. Seiring dengan exploitasi hutan yang masif dan akibat keterkenalan-nya itu maka kedua jenis MB tersebut sudah sangat langka di temukan dalam bentuk bahan (tangkapan hutan).
  
MB Lampung mempunyai ciri umum badan yang ramping memanjang dengan pandangan mata tajam. Ekor cendrung pendek dengan panjang rata-rata di 15-17 cm saja. Istilah Lampung Super (LS) disematkan oleh pedagang untuk MB Lampung berekor panjang 18-20cm. Ada juga teman breeder di Bandung yang mempunyai MB Lampung dengan panjang ekor 25cm. Itu sangat mungkin terjadi karena habitat aslinya adalah dihutan pegunungan yang masih rapat dan kaya pakan alami. Diatas adalah MB Lampung prestasi bernama MONTANA yang kental ciri fisik MB Lampungnya. Saat ini Montana sudah kembali ke arena Lomba karena tidak kunjung berproduksi di tangkaran.
 
MB Lampung saat ini sudah langka dan sangat sulit untuk ditemukan di areal habitat aslinya. Konversi hutan menjadi kebun dan pemukiman yang  menjadi penyebab utamanya. MB Lampung diburu karena rata-rata punya mental bagus ,ekor paling panjang 19cm. Pola ekor MB Lampung didominasi oleh spot putih yang cendrung berantakan tidak serapi MB Medan/Aceh yang lebih simetris. Karakteristik ekor yang berbulu tipis transparan dengan bilah yang sempit menunjang gaya main MB Lampung yang atraktif ngeply menaik turunkan ekornya sangat memikat kicau mania Nusantara.

Pola Ekor MB Syah Jahan

Beruntung saya mendapatkan beberapa MB asal Lampung asli yg merupakan MB prestasi koleksi pemain lama. Salah satunya dulu malang melintang dengan nama Samurai di daerah Kosambi (Kerawang - Bekasi). Masuk tangkaran  PB6 dengan nama baru Syah Jahan.Kode Ring DIGDAYA SJ. Saat ini SJ dijodohkan dengan Betina Lampung bernama Mutika yang merupakan anakan galur murni MB Kota Agung - Lampung

MB diatas yang bernama Venus merupakan MB hasil tangkaran trah jawara MB Medan vs MB Lampung. Saat ini sudah masuk tangkaran dengan betina ring bernama Majorly yang merupakan anakan MB Lampung vs MB Lampung lagi sehingga memperkuat kemurnian galur genetik MB Lampung-nya. Kode Ring DIGDAYA VNS.

 Pola Ekor MB Venus

Bila di cirikan dari suaranya MB Lampung punya tipe suara yang tajam melengking diiringi suara kecrekan ekor yang tajam saat ngeply. MB lampung sepertinya tercipta sebagai MB Khusus lomba karena ketika di rumah cuma kluarkan suara yang monoton dan diulang-ulang (ngeban-ngeban)dan agak malas untuk bongkar suara isiannya. Tapi ketika dia di gantang di lapangan sangat ganas bongkar semua amunisi suara isian simpanannya. Kalau dari iramanya MB Lampung cendrung bertype dominan ngerol dibanding nembak.


Pola Ekor Betina Anakan MB Lampung 
 
Saat ini MB LAMPUNG lebih mudah diverifikasi keasliannya apabila didapatkan dari penangkaran. Di pasar burung atau di kios burung di hampir semua daerah di Pulau Jawa brand MB Lampung disematkan pada MB Borneo agar lebih mudah dijual. Dibilang MB Lampung tapi setelah dipelihara cukup lama saat mulai bunyi ternyata gembung. 


 

15 comments:

  1. jossssss, ane di karawang

    ReplyDelete
  2. Gan apa Lampung Super punya gembung.. terimakasih...

    ReplyDelete
  3. Baru dapet murai lampung bakalan ,harga 600rb ,,,,

    ReplyDelete
  4. Ijin shre foto om
    Digdaya punya trotol mb lmpung asli ring gk???
    Hrga skitar brpa??

    ReplyDelete
  5. Alamat nya dimana om?
    Minat

    ReplyDelete
  6. Alamat nya dimana om
    Minat

    ReplyDelete
  7. Mau nanya bang.mb venus itu( jantan nya medan apa jantab nya lampung?)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soaly aq punya mb yg pola ekory sama seprti mb venus? mohon pencerahany ?

      Delete
  8. gan minta kontak cari murai alamat fb beserta nomer WA

    ReplyDelete
  9. Mb lampung asli mana ada yg ngembung, yg ngembung ya kalimantan.

    ReplyDelete
  10. Alhamdulillah ane dapet mb lampung muda hutan dari pengepul. Mengacu pada tulisan ini dan foto pola ekor yang sama seperti gambar ya g penulis cantumkan semua sama 100%. Saya ditahun sekarang dihutan lampung sudah ada bibit2 baru

    ReplyDelete