Monday 30 September 2013

STUDI KASUS 2 : Jantan LEMPUYANG vs MEDAN Betina

Pasangan Indukan di Padepokan Bala6 yang juga sudah mempunyai anakan yang lumayan jumlahnya untuk diamati adalah Jantan Nakula vs Betina May Lady. Nakula berpostur besar berekor panjang 22cm dengan pola Balak 6 sementara May Lady adalah representasi yang sempurna dari MB Medan dengan postur dan pola ekor yang memenuhi kriteria MB Sumatra pada umumnya. May Lady sendiri adalah MB hasil tangkaran MB Medan vs MB Medan trah DELTA Sidoarjo dengan ekor 11-12cm
Dari pasangan diatas dihasilkan 5 anakan yang hidup sampai besar dengan komposisi 4 jantan dan 1 betina. Dari postur anakan jantan, rata-rata ikut bapaknya dengan karakter diwarisi dari indukan jantannya ; sorot mata tajam, gerakan lincah dan cendrung NAGEN menguasai tangkringan atas. Khusus anakan betina satu-satunya sangat mirip dengan indukan betina yang posturnya sedang proporsional, berbadan keabuan (klawu) dan berwajah "cantik". Dan ternyata Volumenya mewarisi ibunya juga Alhamdulillah.
 ZiZi akan menjadi basic blood Tangkaran Ring Digdaya di Padepokan Bala6 Jakarta

Untuk ekor, dari referensi pemilik DIGDAYA NKL diketahui kisaran 17-20cm untuk jantan lepas trotol dan 12 cm untuk betinanya. Berpola ekor BALAK 8 atau Balak 6 seperti Nakula + 2 putih di sepasang helai ekor penyangga terakhir. Pola ini konsisten terjadi pada semua anakan pasangan ini yang kebetulan waktu itu di tangkarkan oleh om Imam Iswahyudi di Harapan Indah Bekasi Barat,  sehingga mendapatkan kehormatan untuk disematkan ring ganda YAQISA BF di kaki kanan dan DIGDAYA NKL di kaki kiri.Artinya indukan jantan dan betina saling berbagi pengaruh genetiknya menjadi berpola ekor Sumatera dengan 4 saf ekor putih tapi dengan diameter yang lebih kecil sebagaimana layaknya spot putih pada MB Sabang/Lempuyang. Kondisinya rapi dan simetris tidak seperti silangan MB Medan/Balak dengan MB Nias.
COMANDO - Koleksi dari mas Adi Adra Wicaksono - Sawangan Depok.

Untuk volume, sementara terpantau di NKL 001 dan NKL 003 dan NKL 005 cendrung mengikuti indukan betina May Lady yang sangat tembus dan bahkan dengan level diatas volume dari indukan Nakula sendiri yang sudah tergolong tinggi. Memang keistimewaan betina trah DELTA adalah di volumenya yang bagus.

Semoga kedepan anakan Nakula dan May Lady yang cuma 5 ekor ini bisa menunjukkan performa yag memuaskan di gantangan lomba ataupun didalam tangkaran menjadi indukan yang berkualitas.
NKL 003 yang belum diberi nama sampai nanti dapat piagam lomba pertama. Koleksi dari om Rizal - Grand Depok City.

Sejauh ini NKL 03 dan NKL 05 menunjukan performa yang bagus sekali di usia lepas trotolnya. NKL 03 dilaporkan sudah terlihat menonjol saat ditrek dengan MB mapan dan MB ring kondang lainnya dari sisi volume, materi isian dan karakter fighternya. Sementara NKL 05 yang sejak trotol menonjol bakatnya berbakat saat ini masih sudah menjadi pelapis gaco utama oleh juragannya dan mulai mendulang prestasi di arena lomba kicau.

Saat ini Nakula akan kami pasangkan dengan betina Trah Sukhothai (MB Thailand vs MB Medan). Agak Unik MB jantan ini karena ternyata Nakula hanya mau dengan MB betina yang Klawu (warna bulu tubuh ke abu-abuan), beberapa kali kami coba jodohkan dengan MB betina balak ternyata cuma sekedar diterima saja (akur) tanpa mau dikawin.


Karakteristik jodoh barunya ini - Dolce Vita - adalah berbody bongsor, bermental baja seperti ibu bapaknya dan punya volume yang lumayan keras untuk ukuran MB betina. Sampai bulan September 2014 baru berjalan 2 sesi angrem dimana cuma dihasilkan 1 anakan saja dari total 10 telur yang dihasilkan. Semoga disesi ke 3 dan yang seterusnya daya tetasnya bisa meningkat. Yang diharapkan dari pasangan ini adalah anakan yang berpostur besar berekor medium (l.k 20 cm) dengan mental baja dan volume yang tembus. Soal pola ekor balak atau medan terserah Tuhan Yang Maha Kuasa saja

Obsesi selanjutnya, semoga rejekinya panjang, Nakula ingin kami jodohkan dengan anaknya sendiri (Digdaya NKL 04) sebagai salah satu bahan riset Line Breeding dengan tujuan memperkuat genetika MB Lempuyang di Padepokan Bala6 jakarta.


No comments:

Post a Comment