Friday 19 July 2013

MURAI BATU BALAK 4

Murai Batu Balak 4 adalah Murai batu dengan pola ekor 4 titik besar pada ekor penyangganya. MB jenis ini adalah salah satu variasi pola ekor dari MB Sabang atau MB Lempuyang.
J4ck Sparrow - Jantan indukan  di Padepokan Bala6 Jakarta dengan trotolan berkode ring DIGDAYA JS

Ternyata keanekaragaman hayati species ini demikian besar, karena dalam satu pulau saja bisa ditemukan ciri pembeda yang jelas. Dari postur besar/kecil, ekor kaku/lemas, ekor panjang/pendek atau kaki hitam/merah muda. Rata-rata MB Sabang adalah berekor lemas dengan panjang minimal 18 cm dan berpostur kecil/sedang dengan suara yang kristal. 

 Siu Lan Jin - Jantan indukan  di Padepokan Bala6 Jakarta dengan trotolan berkode ring DIGDAYA SIU. Saat ini masih rajin "Ngamen" di latber lokalan
Kondisi Murai batu Sabang saat ini di habitatnya sudah mulai langka dan sudah dilarang untuk dibawa keluar dari wilayah NAD. Murai Batu indukan di Padepokan Bala6 ; J4ck Sparrow/JS adalah contoh yang sangat mewakili untuk karakter suara MB Sabang yang super kristal. Sementara Siu Lan Jin B4yonet walau tidak se bening JS tapi mempunyai karakter suara yang melengking seperti peluit.. nyelekit dikuping.


 B4yonet - Jantan indukan  di Padepokan Bala6 Jakarta dengan trotolan berkode ring DIGDAYA B4Y

Kencono Wungu - Betina indukan  di Padepokan Bala6 Jakarta

1 comment:

  1. Om mau nAnya,ane punya trotol blak4 indukan nias x blak 8,,,,mau nanya karakterustik mental blak 4 gimana ya om and rata2 PE nya brapa......
    Tq om atas ilmunya

    ReplyDelete